Rabu, 06 Agustus 2014

Sejarah Sangihe - Raja Manganitu (Raja Mocodompis)



Raja Mocodompis

Makam Raja Manuel Mocodompis terletak di Kampung Barangka Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara. Letak astronomi Lintang Selatan 3034.190’ Bujur Timur 125029.977’, dengan ketinggian 15 m. Raja Manuel Mocodompis adalah Raja ke V Manganitu yang memerintah pada Tahun 1864 sampai dengan Tahun 1880.
Makam Mocodompis letaknya diruas jalan Tahuna – Manganitu dan disekitarnya merupakan permukiman masyarakat. Di lokasi Makam Raja Mocodompis terdapat 3 buah makam yang terdiri dari makam istri Mocodompis dan makam anaknya. Makam ini terbuat dari batu kai yang bagian luarnya diberi spesi dari bahan semen, jiratnya berbentuk segi empat, dan kubahnya berbentuk limas. Pada makam Raja Mocodompis terdapat prasasti yang dituliskan di batu marmer dalam bahasa belanda yang berbunyi “Ter nagedachtenis, aan onzen lieven vader en groot vader M.Mocodompis, Radja V manganitoe overl 20 Agustus 1880”. Sedangkan bagian atapnya terdapat lambang dari Kerajaan Belanda, ukuran makam 3,05 x 3 m.
Sebelah Timur dari makam Mocodompis terdapat makam istrinya yang bentuk makamnya sama dengan bentuk makam Raja Mocodompis. Pada makam istrinya terdapat prasasti dalam bahasa belanda yang berbunyi “Hier rust onze lieve mouder en groot moder mevr E.Mocodompis Padensolang overl 1 Agustus 1929 in bankbare herinnering, dengan ukuran makam 3 x 2 m. Makam berikutnya adalah makam anaknya, dengan ukuran 2,20 x 1,80 m. Menurut informasi dari jurupelihara, di dalam makam ini tidak terdapat jenasah anak Raja Mocodompis hanya dibuat sebagai tanda/monumen. Sedangkan jenasah anaknya dimakamkan dipekuburan korban pembantaian tentara Jepang. Makam ini ukurannya lebih kecil dari makam yang lain.
Adapun batas-batas dari makam Mocodompis adalah Bagian Utara berbatasan dengan rumah Bapak Kris Melantige, Selatan berbatasan dengan rumah Bapak Alfred Tasumaro, Timur berbatasan dengan kebun dan makam baru, dan Barat berbatasan dengan Jalan poros Tahuna – Manganitu.


Makam Raja Mocodompis


Rumah Raja Manganitu

Rumah Raja Manganitu dibangun sejak Tahun 1902 ini masih berdiri kokoh dengan sisa-sisa perabotan peninggalan Raja.
Disamping kanan rumah Raja terdapat sebuah Makam dari anak Raja Mocodompis yang meninggal pada 20 November 1986, sedangkan disamping kiri rumah terdapat sebuah bangunan kecil yang dihuni cucu Raja Mocodompis yang bernama Adele Paulina Mocodompis.

Foto Adele Paulina Mocodompis di depan Rumah Raja

Nenek yang masih kuat dalam ingatan dan masih bagus pendengarannya ini berumur 89 Tahun. Sebuah keberuntungan ketika Oma Adele mau berfoto di depan rumah Raja, karena tidak semua permintaan berfoto di depan rumah Raja dipenuhi.

Foto Raja Mocodompis

Foto Raja Mocodompis bersama istri

Foto Peninggalan Raja Mocodompis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar