Kamis, 10 Juli 2014

Profil Kabupaten Kepulauan Sangihe

Kepulauan Sangihe adalah kepulauan terluar di bagian utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina. Terdiri dari kurang lebih 90 pulau, sebagian besar pulau tersebut merupakan daerah pesisir yang berbukit di bagian tengahnya.

Ibu kota Kabupaten Sangihe yaitu Tahuna, yang terletak di pulau terbesarnya. Untuk mencapai Tahuna dari ibu kota provinsi (Manado), dapat digunakan 3 alternatif moda transportasi yaitu pesawat terbang selama 50 menit atau perjalanan selama 7 - 8 jam dengan kapal cepat atau perjalanan semalam dengan kapal malam (berangkat jam 7 malam dari Manado sampai di Tahuna jam 6 pagi).

Masyarakat Kepulauan Sangihe sebagian besar bekerja sebagai nalayan, terutama penduduk di pulau-pulau yang lebih kecil. Di wilayah pulau terbesar, penduduk di sekitar pantai berkebun kelapa untuk diambil kopranya, sedangkan mereka yang di daerah pegunungan memilih untuk berkebun pala dan cengkeh.

Di Kabupaten Kepulauan Sangihe meskipun memiliki agama yang berbeda, namun toleransi beragama di wilayah ini sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar